BOBBY FISCHER pecatur terhebat sepanjang sejarah




Bobby Fischer

Full name 
Robert James Fischer

Country 
United States,
Iceland Iceland

Born 

March 9, 1943(1943-03-09)
Chicago, Illinois, United States

Died 
January 17, 2008 (usia 64)
Reykjavík, Iceland

Title 

Grandmaster (saat usia 15 tahun)

World Champion 

1972–75

Peak rating 

2785 (July 1972)

 

Robert James Fischer, yang di kalangan penganggumnya lebih dikenal dengan nama Bobby Fischer, merupakan juara dunia kesebelas dalam urutan sejarah kejuaraan dunia yang disusun FIDE. Lahir dalam masa perang dunia kedua, Fischer kecil menjadi salah satu "bocah ajaib" dalam dunia catur. 

 



Pada usia 15 tahun ia memperoleh gelar Grandmaster (saat itu merupakan rekor usia termuda GM dalam sejarah catur - sampai rekor nya ditumbangkan oleh Garry Kimovich Kasparov pada tahun 1978) setelah berhasil masuk turnamen interzonal Ljubljana/Portoroz 1958

Kasparov



Fischer merupakan salah satu sosok legendaris bagi Amerika Serikat, karena dengan kemunculannya sebagai juara dunia pada tahun 1972 (mengalahkan Boris V. Spassky dari Uni Sovyet) di Rekjavik, Fischer dengan muncul sebagai juara dunia sekaligus menumbangkan hegemoni catur Uni Sovyet di dunia. Sejak era 1948 saat Botwinnik menjadi juara dunia (setelah menjadi juara dalam turnamen kandidat Den Haag/Moskow), Uni Sovyet terus mendominasi catur dengan berhasil menempatkan sederet GM terkuatnya sebagai juara dunia (Mikhail M. Botwinnik, Mikhail Tal, Vassily Smyslov, Tigran V. Petrosian, dan Boris V. Spasssky)

 

Setelah munculnya Fischer sebagai juara dunia, pihak Uni Sovyet langsung mengadakan persiapan untuk merebut kembali gelar juara dunia. Seorang pecatur muda, Anatoly Karpov diorbitkan untuk bertarung dengan Fischer. tahun 1975, Fischer harus mempertahankan gelarnya (aturan FIDE memang mengharuskan juara dunia mempertahankan gelarnya setiap 3 tahun), namun Fischer tidak datang dan Karpov dinobatkan menjadi juara dunia tanpa bertanding.
Share this article :
 

+ comments + 2 comments

10 March 2019 at 20:57

pertandingan Fischer vs Karpov sangat menarik jika terjadi

10 March 2019 at 20:58

artikel menarik, komentar juga ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. GALLERY CATUR INDONESIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger