PROGRAM CATUR UNTUK BERLATIH

Saat ini, seiring dengan intensifnya penggunaan komputer sebagai alat bantu di segala bidang, maka penggemar catur juga dapat memanfaatkan potensi ini guna melengkapi komputernya sebagai sarana memperdalam analisis caturnya.

Catur memiliki keunggulan dibandingkan olahraga lainnya. Mengapa ? Dokumentasi catur luar biasa lengkapnya, membentang dari abad 14 sampai abad 21 sekarang ini. Buku tentang catur melengkapi kepustakaan catur dalam berbagai bahasa di dunia. Studi tentang catur dilakukan mulai dari aspek teori pembukaan, kombinasi, permainan babk akhir dan juga psikologi sampai filosofinya.

Lalu bagaimana caranya komputer kita dapat menjadi lawan bertanding yang memiliki kemampuan setara Grandmaster ?

Tentu saja semua yang saya tuliskan disini akan anda peroleh langsung jika membeli paket program Rybka4/Fritz12 berikut ChessBase 10 dan Encyclopaedia of Chess Openings 2010, tapi tulisan ini tujuannya ialah menyediakan alternatif yang gratis bukan promosi produk komersial.

Sebagai penjelasan :

Rybka4/Fritz12 ialah program utama yang memiliki kemampuan analisis partai dengan ketelitian yang mengagumkan.

Versi BETA (ujicoba) dari Rybka dapat didownload di
Code:

http://www.rybkachess.com/free/Rybka232a.zip
Chessbase 10 ialah program input database yang saat
diinstal telah memiliki 3,400,000 lebih partai yang dimainkan antara
tahun 1500 sampai tahun 2009. 

Chess Openings Encyclopaedia 2010 ialah "buku" ensiklopedi pembukaan catur yang dapat digunakan sebagai pelengkap database Chessbase 10 di atas

Jadi intinya kita memerlukan satu program yang melakukan analisis partai dan satu lagi yang memiliki "data"
Sebuah program catur, layaknya program antivirus, akan semakin tangguh jika dilengkapi dengan database partai-partai yang berbobot. Hal ini akan memudahkan program untuk melakukan perbandingan posisi diagram yang disebut analysis nodes.

Untuk PC berbasis Windows, anda dapat menggunakan freeware yang menggunakan engine Crafty yang tangguh, atau engine Fruit.

Code:
http://www.thechessworld.com/resources/download
Untuk Mac OS X :
Code:
http://www.sigmachess.com/  (Freeware)
Tapi patut diingat bahwa seluruh program catur tetap memiliki kelemahan utama yaitu penilaian material yang lebih condong dipilih daripada posisi keseluruhan. Bakat catur dan intuisi seseorang tentu saja bukan pembanding yang tepat dengan kemampuan taktis "si otak silikon".

Sebagai database utama, anda dapat menggunakan database yang berisi ribuan partai sebagai reference database. Database ini dapat anda download langsung sebagai satu file .zip berukuran ratusan megabyte atau tentu saja, dapat anda buat sendiri dengan mengumpulkan file-file pgn yang tersedia di berbagai server.

Untuk melengkapi database anda dengan partai-partai terbaru yang dimainkan para pecatur seluruh dunia, situs TWIC (The Week In Chess) menyediakan kumpulan partai yang disediakan dalam format .pgn, .cbv yang dapat dibaca oleh program di atas.

23/11/1998 sampai 08/07/2002 ; Volume 211 - 400, download link :
Code:
http://www.chess.co.uk/twic/twicp1.html
08/07/2002 sampai 12/10/2009 : volume 400 - 779, download link :
Code:
http://www.chess.co.uk/twic/twicp.html
Untuk ensiklopedi pembukaan :
Code:
A00-A99 : http://www.bookuppro.com/ecopgn/a.html
B00-B99 : http://www.bookuppro.com/ecopgn/b.html
C00-C99 : http://www.bookuppro.com/ecopgn/c.html
D00-D99 : http://www.bookuppro.com/ecopgn/d.html
E00-E99 : http://www.bookuppro.com/ecopgn/e.html
Selain FIDE, ada juga organisasi catur lainnya yang disebut ICCF (International Correspondence Chess Federation) dengan tugas mengelola dan mengawasi pertandingan catur lewat surat (walaupun untuk masa sekarang, rasanya surat ini sudah digantikan oleh e-mail yang lebih cepat dan praktis). Masalah utama ICCF ialah sportivitas paemain, karena tidak tertutup kemungkinan partai dianalisis oleh masing-masing pemain menggunakan program catur sehingga nilai "keasliannya" berkurang.

Tapi, saya yakin tidak semua orang yang pecatur punya koneksi internet, dan juga tidak semua orang pecatur akan menggunakan program catur untuk "memainkan" partai terhadap lawannya. Tingkat kesadaran sportivitas tentu saja sangat diperlukan dalam hal ini.
Code:
http://gamesarchive.iccf.com/
Di halaman tsb, di sebelah kanan disediakan link download dalam bentuk file .zip. Masing-masing diklasifikasikan menurut kronologi.

Untuk kejuaraan dunia ICCF :
Code:
http://gamesarchive.iccf.com/archive_worldchampionship.shtml
Untuk database olimpiade catur ICCF via e-mail :
Code:
http://gamesarchive.iccf.com/archive_olympiads.shtml
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. GALLERY CATUR INDONESIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger